Sabtu, 23 Juli 2011

Automated Green



(Mungkin ada yang dapat menterjemahkannya ke Bahasa Indonesia?)
Bila Anda tertarik dengan teknologi terbaru dalam Arsitektur Ramah Lingkungan dan Penghematan Energi, mungkin Anda akan terpesona dengan gedung kantor Genzyme Centre ini.

Terbangun beberapa tahun yang lalu, markas sebuah perusahaan bioteknologi di Boston ini memiliki Penilaian LEED Platinum, yang merupakan rating tertinggi yang pernah diberikan.



Beberapa fitur yang sangat menarik di bangunan ini adalah:

  1. Sensor CO2 yang otomatis mendeteksi kondisi udara dalam ruangan.
  2. Kipas penyejuk udara otomatis yang menyesuaikan dengan pembukaan jendela atau pintu untuk ventilasi alami.
  3. Sensor yang dapat mendeteksi kondisi cahaya dan penghuni dalam ruangan dan secara otomatis meredupkan lampu sesuai dengan intensitas yang diperlukan.
  4. Sistem pencahayaan siang hari yang memanfaatkan sinar matahari mengurangi penggunaan energi lampu hingga sekitar -45%. Pada prinsipnya sistem ini menggunakan cermin-cermin yang bergerak mengumpulkan sinar matahari yang kemudian dipantulkan ke kisi-kisi yang juga secara otomatis bergerak sesuai intensitas cahaya dan posisi matahari. Tulisan mengenai heliostats ini akan kami bahas pada tulisa berikutnya.
  5. Sepertiga dari façade bangunan dibangun lapis dua dengan interval/spasi sebesar empat kaki yang berfungsi sebagai ventilasi. Jalusi bermotor akan bergerak menutup serta menahan sinar surya di musim panas kemudian ventilasi tadi bertugas ‘membuang’ udara panas kembali keluar. Pada musim dingin, yang terjadi sebaliknya, dimana ruang kosong tersebut tertutup rapat dan jalusi membuka agar matahari dapat menghangatkan ruang ‘buffer’ di sekeliling gedung.
  6. Bangunan ini juga memiliki dua baris panel surya di atap penthouse dengan motorisasi yang menghasilkan pada kondisi puncak dapat menghasilkan 20-kW.


Seluruh fitur ini dan lainnya yang diperkirakan menghabiskan investasi sebesar  140 juta US Dollar yang pada akhirnya diproyeksikan untuk menghemat energi minimal 41% dari bangunan biasa.

Berikut adalah data mengenai Genzyme Centre.
Luas lantai 32 ribu meter persegi, 12 lantai untuk menampung 900 pekerja.

Arsitek utama Behnisch, Behnisch & Partner, arsitek eksekutif House & Robertson Architects, ‘tenant improvements architect’ Next Phase Studios, landscape architect Michael Van Valkenburgh Architects, dan kontraktornya Turner Construction Company.



http://www.treehugger.com/files/2006/10/the_greeness_of.php

http://www.genexe.com/green-tech/genzymes-platinum-leed-certified-green-building/

http://jetsongreen.typepad.com/jetson_green/2006/10/skyscraper_sund_1.html

http://news.cnet.com/2300-11392_3-6203709.html?tag=ne.gall.pg



VIDEO:



sumber: http://www.treehugger.com/files/2006/10/the_greeness_of.php

Tidak ada komentar:

Posting Komentar