Rabu, 20 Mei 2009

Desa Huangbaiyu, sebuah contoh desain Ramah Lingkungan yang gagal

Mendesain Bangunan Ramah Lingkungan pada dasarnya hampir sama dengan mendesain bangunan lainnya. Perlu pendalaman terhadap konteks pengguna dan lingkungan disekitarnya.
Desa Huangbaiyu  adalah salah satu contoh proyek yang gagal dalam melakukan persiapan tersebut dan hal itu terbukti fatal.

Desa yang tadinya diorbitkan sebagai desa percontohan global berwawasan lingkungan yang disponsori oleh Pemerintah RRC bekerja sama dengan visionaris/miliuner William McDonough, kini praktis telah menjadi desa mati. 

Dilihat dari ulasan Shannon May , seorang antropologis yang menghabiskan waktu 2 tahun tinggal  bersama penduduk asli, kesalahan utama terletak pada kurang pedulinya perencana pada perilaku dan harapan penduduk setempat. Para pembangun yang terdiri dari beberapa ahli  luar negeri dan para sarjana yang tinggal di lingkungan urban Cina, hanya menyempatkan waktu beberapa jam saja tinggal di desa tersebut untuk mengumpulkan data dari pemimpin desa, yang merupakan petinggi partai disana.

Beberapa contoh pertentangan tersebut yang bisa dilihat antara lain:
  • Para pembangun mentargetkan penurunan biaya hidup dengan menggunakan sistem daur-ulang atau pakai-kembali. Sedangkan para penduduk mengharapkan peningkatan pendapatan. Mereka pada awalnya berpikir bahwa pembangunan tersebut disertai oleh berdirinya pabrik-pabrik besar dimana para penduduk dapat bekerja dan mendapat nafkah lebih baik daripada menjadi petani.
  • Sistem pembangkit listrik yang didesain menggunakan sampah jagung tidak dapat diaplikasikan, karena sampah jagung sudah biasa didaur-ulang menjadi makanan kambing yang menjadi sumber kehidupan penduduk.
  • Semua rumah untuk 1400 penduduk didesain memiliki garasi mobil, dimana pada kenyataannya hanya 4 orang yang 'benar-benar' memilikinya.
Dalam masa dimana para ilmuwan bersemangat 'hijau' ala Al Gore, lokalitas desain ternyata jauh, jauh, jauh lebih penting daripada modal dan ilmu pengetahuan.
Beberapa laman yang terkait:
Tulisan ini adalah bagian dari http://rumahpintar.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar